Mendikbud: IPA-IPS di SMP lebih terintegrasi

menteri pendidikan serta kebudayaan m. nuh menyatakan pelajaran ilmu pengetahuan alam (ipa) juga ilmu pengetahuan sosial (ips) pada smp akan lebih terintegrasi selama kurikulum baru.

kalau sekarang ipa selama smp kan baru disusun berlapis, yakni mata pelajaran fisika, kimia, juga biologi. setelah itu ketiga pelajaran tersebut terintegrasi di pelajaran ipa, ujarnya selama semarang, sabtu.

hal itu diungkapkan mantan rektor institut teknologi sepuluh nopember (its) surabaya itu usai sosialisasi kurikulum 2013 di universitas negeri semarang (unnes) dan dihadiri ratusan guru dalam jawa tengah.

demikian pula dengan integrasi pelajaran ips jenjang smp dan dulunya masih terbagi pada beberapa pelajaran, seperti geografi serta sejarah, untuk upaya penyederhanaan pelajaran selama sekolah.

Informasi Lainnya:

nantinya, guru-guru biologi dalam smp mau mengajar pelajaran ipa, guru fisika juga terlalu, mengajar ipa. itulah pula dengan guru-guru geografi dan sebagainya yang hendak mengajar pelajaran ips, katanya.

nuh mengakui beban pelajaran yang ditanggung siswa selama ini memang cukup banyak sebagaimana dikritik berbagai kelompok masyarakat oleh karenanya mesti penyederhanaan kepada mata pelajaran yang diajarkan.

berkaitan melalui implementasi kurikulum masih, pelajaran jenjang sd serta disederhanakan menjadi enam mata pelajaran, termasuk ipa juga ips dan pembelajarannya diintegrasikan dengan mata pelajaran yang lain.

seorang peserta sosialiasi yang serta kepala smp negeri 5 semarang suharto mengakui dalam ini pembelajaran ipa pada sekolah memang terbelah atas beberapa mata pelajaran, yaitu biologi, fisika, serta kimia.

kalau ips, terbelah atas pelajaran geografi, ekonomi, sejarah. sosiologi belum ada. dengan kurikulum baru, nantinya pembelajaran ipa juga ips tak ingin berlapis semisal itu, melainkan terintegrasi, ujarnya.

ia mengakui sesungguhnya kurikulum tingkat satuan studi (ktsp) dan berlaku ketika ini memang sudah memenage pembelajaran ipa juga ips dengan terpadu, ingin tetapi keterpaduan tersebut sifatnya baru tempelan.

jadi pelajarannya ya masih ipa-biologi, ipa-fisika, dan sebagainya. jika selama kurikulum masih nanti akan terpadu, ipa serta ips. pelajaran ipa berbasis biologi, ternyata ips berbasis geografi, tutur suharto.